Sabtu, 03 Maret 2012

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak

Firmanharjuanjaya.com - Manfaat Temulawak - Media Informasi selanjutnya mengenai Manfaat Temulawak. Simak ulasannya lebih lanjut.
Ternyata Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan tidak hanya sebagai untuk pengobatan penyakit liver, tanaman ini juga sebagai obat tradisional untuk berbagai macam jenis penyakit seperti: penyakit eksim dan mengobati bau badan yang kurang sedap. Keunggulan tanaman ini dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, jadi jika anda memiliki anak yang bermasalah dengan nafsu makannya, berikanlah temulawak.
Jika anda ingin membersihkan darah dari berbagai racun yang mengalir didalam tubuh, cukup sajikan temulawak sebagai minuman yang menyehatkan. Meminum temulawak juga sangat baik terutama ketika anda baru sembuh dari sakit, khasiatnya dapat memberikan energi sehingga menghilangkan rasa lelah. Bagi anda para ibu muda yang baru saja mempunyai momongan, ternyata temulawak sangat bermanfaat juga untuk memperbanyak Air Susu Ibu (ASI).
Tanaman ini biasanya digunakan untuk campuran minuman jamu. Tentu sangat menyehatkan dari berbagai khasiat yang dihasilkan. Tanaman ini sangat mudah didapatkan baik dibeberapa pasar tradisional, supermarket maupun menjadi campuran beberapa obat dan jamu. Jadi untuk menjadi sehat, tidak perlu mahal dan itu terbukti dari manfaat temulawak untuk kesehatan. Gunakan tanaman yang ada disekitar kita yang sudah teruji sebagai obat tradisional yang telah diturunkan oleh nenek moyang.
Sebenarnya, apa itu temulawak?
Temulawak adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki bunga warna kuning dan tingginya bisa menyampai 2 meter. Tanaman ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat kita sebagai minuman dan juga obat tradisional.
Temulawak ini bila digunakan sebagai obat dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari liver,hepatitis, radang empedu, melancarkan pencernaan, penyakit gangguan ginjal, dan radang lambung.
Berbagai Manfaat Temulawak
Dari manfaat temulawak yang sudah kita ketahui, masih banyak manfaat temulawak lainnya yaitu untuk menurunkan kolesterol, mengatasi gumpalan darah, malaria, penyakit campak, sakit pinggang, reumatik, sembelit, asma, radang tenggorokan, melancarkan peredaran darah, mengobati demam, penyakit campak, mengatasi pegal linu hingga mengobati eksim jerawat, meninkatkan stamina, radang empedu, radang saluran pencernaan dan lain2.
Cara Untuk Memperoleh Hasil Maksimal Dari Manfaat Temulawak
Resep – resep yang bisa anda ikuti untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam mengkonsumsi temulawak adalah sebagai berikut :
  1. Untuk mengobati penyakit liver : Persiapkan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten.Tambahkan air sekitar 600 cc, dan rebus hingga air menjadi 300 cc.Setelah itu tinggal disaring airnya, dan diminum selagi masih hangat.
  2. Mengatasi Radang Empedu : Persiapkanlah temulawak 30 gr, iris kecil2, dan tambahkan 500 cc air dan rebus hingga air menjadi 200cc.Kemudian, tinggal disaring airnya, dan minum air rebusan temulawak tersebut.
  3. Untuk Mengobati radang sendi, rematik dan pegal linu : Sediakanlah 20 gr temulawak dan 20 gr jahe merah.Rebuslah dengan 400 cc air dan tunggu hingga mendidih dan air tinggal 200cc.Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.
  4. Mengatasi penyakit batu empedu : Persiapkanlah 30 gr meniran, 25 gr temulawak, dan gula aren secukupnya.Rebuslah ketiga bahan tersebut dalam 500 cc air dan tunggu hingga air menjadi 200 cc. Kemudian saring dan minum air hasil rebusan tadi.
  5. Untuk Mengobati batuk dan radang saluran pernapasan : Persiapkan 25 gr temulawak, lalu parut dan tambahkan air matang secukupnya.Lalu di peras dan ambil airnya.Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu secukupnya kemudian diminum.

Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari temulawak ini, maka dapat mengkonsumsinya 2 sampai 3 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar