Sabtu, 03 Maret 2012

Khasiat Temulawak

Khasiat Temulawak

Firmanharjuanjaya.com - Khasiat Temulawak - Media Informasi selanjutnya mengenai Khasiat Temulawak. Simak ulasannya lebih lanjut.
Temulawak adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga Zingberaceae dan merupakan tanaman asli dari Indonesia. Secara tradisional, rimpang Temulawak sudah banyak digunakan sebagai jamu.
Menurut Charles Saerang, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional, -seperti dikutip Tribunnews.com- satu penelitian yang dilakukan oleh perusahaan jamu menunjukkan bahwa perpaduan antara Temulawak dan Sambiloto dapat digunakan sebagai obat anti penuaan (anti-aging). Manfaat ini didapat dari kandungan Antioksidan.
Sambiloto sebagai antioksidan tidak dapat berdiri sendiri karena rasanya yang pahit sehingga dapat merusak hati, sehingga harus dikombinasikan dengan Temulawak. Selain dengan sambiloto, Temulawak juga bisa dikombinasikan dengan bahan jamu yang lain karena sifatnya yang bisa menjadi bahan dasar dan bisa meningkatkan efektivitas bahan yang lain (bahkan beberapa bahan herbal tidak akan efektif jika tidak dikombinasikan dengan temulawak).
Khasiat Temulawak yang lain adalah membuat tidur jadi nyenyak, meningkatkan nafsu makan, dan memperlancar buang air besar, meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi, sebagai obat jerawat, , anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, anti oksidan, pencegah kanker, dan anti mikroba (Wikipedia.org).
Selain sebagai jamu dan obat-obatan temulawak juga berkhasiat sebagai sumber karbohidrat, karena dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypt.
VIVAnews - Back to nature. Jargon ini agaknya tengah naik daun, dan menjadi gaya hidup masa kini. Membuat banyak orang semakin bergairah memanfaatkan produk-produk alami, termasuk konsumsi tanaman herbal untuk meningkatkan kualitas kesehatan.
Di antara ragam tanaman obat yang kita kenal, temulawak paling favorit. "Temulawak itu bisa dikatakan jantungnya obat-obatan tradisional, 70 persen pengusaha jamu memakai campuran temulawak," kata Direktur Utama PT Njonja Meneer, Charles Saerang.
Sejak 40 tahun terakhir, sejumlah penelitian membuktikan khasiat temulawak sebagai penyembuh penyakit hati atau liver. Kuncinya ada pada kandungan kurkuminoid dan minyak atsiri, yang berperan mempercepat regenerasi sel-sel hati yang mengalami kerusakan akibat pengaruh racun kimia.
Kurkuminoid terdiri atas kurkumin dan desmetoksikurkumin, yang bermanfaat menetralkan racun, menghilangkan nyeri sendi, meningkatkan sekresi empedu, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel-sel hati, dan antioksidan.
Sedangkan minyak atsiri menyimpan khasiat untuk meningkatkan produksi getah empedu dan menekan pembengkakan jaringan.
Tak heran jika sejak beberapa tahun lalu, pemerintah mencanangkan Gerakan Nasional Minum Temulawak (GNMT). Tanaman obat yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb ini dipromosikan sebagai tanaman herbal dengan sejuta manfaat, di antaranya:
- Sebagai antioksidan pencegah kanker
- Menormalkan lemak darah, termasuk kolesterol
- Memperbaiki fungsi pencernaan
- Menambah nafsu makan
- Memelihara kesehatan fungsi hati
- Antiradang dan nyeri sendi
- Menghambat penggumpalan darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar