Jumat, 02 Maret 2012

Khasiat Daun Salam Untuk Diet

Khasiat Daun Salam

Firmanharjuanjaya.com - Khasiat Daun Salam - Media Informasi selanjutnya mengenai Khasiat Daun Salam. Simak ulasannya lebih lanjut.
Daun salam mempunyai aroma yang khas, sebab itu daun salam dimanfaatkan oleh orang Indonesia sebagai bumbu penyedap masakan. Olahan masakan yang umumnya menggunakan daun salam adalah sayur asem, soto, rawon, lodeh, rending, dan masih banyak masakan lainnya yang menggunakan daun salam sebagai aroma. Daun salam berbentuk seperti daun melinjo namun teksturnya lebih kaku. Bukan hanya sebagai penyedap masakan, daun salam juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain asam urat, stroke, menurunkan kolesterol yang tinggi, radang lambung, dan kencing manis.
Berikut ini adalah cara mengolah daun salam berdasarkan penyakit yang diderita:

1. Asam urat

Asam urat adalah sejenis penyakit menyerang pada otot, gejala asam urat biasanya kaki linu, tangan sulit menggenggam, dan masih banyak lagi cirri-ciri sakit asam urat. Caranya ambil 10 lembar daun salam yang masih segar. Apabila pada daun salam ada putih-putihnya (orang Jawa menyebutnya “Indrak”) sebaiknya buang saja karena putih-putih tersebut adalah penyakit tumbuhan yang menempel pada daun dan batang. Cuci bersih dengan air mengalir. Rebus dengan 4 gelas belimbing hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas. Saring dalam gelas dan minum selagi hangat.

2. Stroke

Penyakit Stroke berawal karena kita tidak menjaga makanan yang kita makan, biasanya terlalu sering makan makanan yang enak. Namun jika kita terlalu banyak pikiran juga bisa terserang stroke.
Caranya adalah ambil 10 lembar daun salam yang masih segar dan 50 gr jantung pisang. Olah daun salam dan jantung pisang tersebut menjadi sebuah masakan sesuai selera anda.
3. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Caranya adalah ambil 7 lembar daun salam yang masih segar dan 30 gr daun crème. Cuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas belimbing air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas belimbing. Saring, dan minum air rebusan ini secara teratur.
4. Radang Lambung
Caranya ambil 30 gr daun salam yang masih segar, 30 gr sambiloto kering, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan 3 gelas belimbing air hingga tersisa 1 gelas belimbing. Saring, dan minum air rebusan ini secara rutin 2 kali sehari.
5. Kencing Manis (Diabetes Militus)
Caranya ambil 7 lembar daun salam yang masih segar dan 30 gr sambiloto. Cuci bersih dengan air mengalir. Rebus dengan 3 gelas belimbing air hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas belimbing. Saring, dan minum setelah dingin. Minum secara rutin 2 kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar