Jumat, 02 Maret 2012

Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal

Firmanharjuanjaya.com - Penyakit Gagal Ginjal - Media Informasi selanjutnya mengenai Penyakit Gagal Ginjal. Simak ulasannya lebih lanjut.

Definisi Ginjal-ginjal

Ginjal-ginjal memainkan peran-peran kunci dalam fungsi tubuh, tidak hanya dengan menyaring darah dan mengeluarkan produk-produk sisa, namun juga dengan menyeimbangkan tingkat-tingkat elektrolit-elektrolit didalam tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menstimulasi produksi dari sel-sel darah merah.
Ginjal-ginjal berlokasi dalam perut ke arah kebelakang, normalnya satu pada setiap sisi dari spine (tulang belakang). Mereka mendapat penyediaan darah mereka melalui arteri-arteri renal secara langsung dari aorta dan mengirim darah kembali ke jantung via vena-vena renal ke vena cava. Istilah "renal" berasal dari nama Latin untuk ginjal.
Ginjal-ginjal mempunyai kemampuan untuk memonitor jumlah cairan tubuh, konsentrasi-konsentrasi dari elektrolit-elektrolit seperti sodium dan potassium, dan keseimbangan asam-basa dari tubuh. Mereka menyaring produk-produk sisa dari metabolisme tubuh, seperti urea dari metabolisme protein dan asam urat dari uraian DNA. Dua produk-produk sisa dalam darah dapat diukur: blood urea nitrogen (BUN) dan creatinine (Cr).
Ketika darah mengalir ke ginjal, sensor-sensor didalam ginjal memutuskan berapa banyak air dikeluarkan sebagai urin, bersama dengan konsentrasi apa dari elektrolit-elektrolit. Contohnya, jika seseorang mengalami dehidrasi dari latihan atau dari suatu penyakit, ginjal-ginjal akan menahan sebanyak mungkin air dan urin menjadi sangat terkonsentrasi. Ketika kecukupan air hadir dalam tubuh, urin adalah jauh lebih encer, dan urin menjadi bening. Sistim ini dikontrol oleh renin, suatu hormon yang diproduksi dalam ginjal yang adalah bagian dari sistim-sistim regulasi cairan dan tekanan darah dari tubuh.
Ginja-ginjal adalah juga sumber dari erythropoietin didalam tubuh, suatu hormon yang menstimulasi susmsum tulang (bone marrow) untuk membuat sel-sel darah merah. Sel-sel khusus didalam ginjal yang memonitor konsentrasi oksigen dalam darah. Jika tingkat-tingkat oksigen jatuh, tingkat-tingkat erythropoietin naik dan tubuh mulai membuat lebih banyak sel-sel darah merah.
Setelah ginjal-ginjal menyaring darah, urin dikeluarkan melalui ureter, suatu tabung yang tipis yang menghubungkannya ke kantong kemih. Ia kemudian disimpan didalam kantong kemih menunggu buang air kecil (kencing), ketika kantong kemih mengirim urin keluar dari tubuh melalui urethra.

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal dapat terjadi dari suatu situasi akut atau dari persoalan-persoalan kronis.
Pada gagal renal akut, fungsi ginjal hilang secara cepat dan dapat terjadi dari suatu keanekaragaman dari insults pada tubuh. Daftar dari penyebab-penyebab seringkali dikategorikan berdasarkan pada dimana luka telah terjadi.
Penyebab-penyebab Prerenal (pre=sebelum + renal=ginjal) disebabkan oleh penyedian darah ke ginjal yang berkurang. Contoh-contoh dari penyebab-penyebab prerenal adalah:
  • Hypovolemia (volume darah yng rendah) disebabkan oleh kehilangan darah.
  • Dehidrasi dari kehilangan cairantubuh (muntah, diare, berkeringat, demam).
  • Pemasukan cairan yang sedikit sekali.
  • Obat, contohnya, diuretics ("water pills") mungkin menyebabkan kehilangan air yang berlebihan.
  • Kehilangan penyedian darah ke ginjal disebabkan oleh halangan dari arteri atau vena renal.
Penyebab-penyebab renal (kerusakan secara langsung pada ginjal sendiri) termasuk:
  • Sepsis: Sistim imun tubuh ditaklukan oleh infeksi dan menyebabkan peradangan dan penutupan/penghentian dari ginjak-ginjal. Ini biasanya tidak terjadi dengan infeksi-infeksi saluran kencing.
  • Obat-Obat: Beberapa obat-obat adalah beracun untuk ginjal, termasuk obat-obat antiperadangan nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen. Yang lain-lain adalah antibiotik-antibiotik seperti aminoglycosides [gentamicin (Garamycin), tobramycin], lithium (Eskalith, Lithobid), obat-obat yang mengandung iodine seperti yang disuntikan untuk studi-studi radiologi dengan dye (zat pewarna).
  • Rhabdomyolysis: Ini adalah suatu situasi dimana ada penguraian otot yang signifikan didalam tubuh, dan produk-produk degenerasi (kemerosotan) dari serat-serat otot menyumbat sistim penyaringan dari ginjal-ginjal. Sering terjadi karena trauma dan luka-luka yang menghancurkan, ia juga dapat disebabkan oleh beberapa obat-obat yang digunakan untuk merawat kolesterol yang tinggi.
  • Multiple Myeloma
  • Acute glomerulonephritis atau peradangan dari glomeruli, sistim penyaringan dari ginjal-ginjal. Banyak penyakit-penyakit dapat menyebabkan peradangan ini termasuk systemic lupus erythematosus, Wegener's granulomatosis, dan Goodpasture syndrome.
Penyebab-penyebab post renal (post=setelah + renal= ginjal) disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi pengaliran urin:
  • Halangan/rintangan dari kantong kemih atau ureters dapat menyebabkan tekanan balik ketika tidak ada tempat untuk urin pergi ketika ginjal-ginjal melanjut bekerja. Ketika tekanan cukup meningkat, ginjal-ginjal menutup.
  • Prostatic hypertrophy atau kanker prostat mungkin menghalangi urethra dan mencegah kantong kemih mengosongkan diri.
  • Tumor-tumor didalam perut yang mengelilingi dan menghalangi ureter-ureter.
  • Batu-batu ginjal
Gagal ginjal (renal) yang kronis berkembang melalui waktu berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Penyebab-penyebab yang paling umum dari gagal renal kronis dihubungkan pada:
  • Diabetes yang terkontrol dengan buruk
  • Tekanan darah tinggi yag terkontrol dengan buruk
  • Chronic glomerulonephritis
Penyebab-penyebab yang lebih tidak umum:
  • Polycystic kidney Disease
  • Reflux nephropathy
  • Batu-batu ginjal
  • Penyakit Prostat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar