Jumat, 02 Maret 2012

Mengenal Manfaat Daun Kemangi

Mengenal Manfaat Daun Kemangi

Firmanharjuanjaya.com - Mengenal Manfaat Daun Kemangi - Media Informasi selanjutnya mengenai Mengenal Manfaat Daun Kemangi. Simak ulasannya lebih lanjut.
Daun kemangi adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi untuk kita, dan hari ini kita akan membahas tentang manfaat dari daun kemangi ini.

Manfaat Daun Kemangi Dalam Masakan
Daun kemangi bila difungsikan dalam masakan, maka bisa digunakan sebagai lalap. Daun kemangi ini memiliki ciri khas yang lembut namun memiliki aroma yang kuat. Daun kemangi ini biasanya juga disantap bersama – sama dengan lalapan lain seperti daun kubis, sambal dan irisan mentimun.
Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan
Daun kemangi bila difungsikan untuk kesehatan, memiliki manfaat yang beragam. Salah satunya Adalah jika Anda memiliki masalah dengan bau mulut ataupun bau badan, Anda dapat mengonsumsi lalap kemangi segar setiap hari secara rutin. Namun jika Anda kurang suka dengan rasanya, Anda dapat membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.
Dalam sebuah buku yang berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical” dari John Henry M. menyebutkan bahwa daun kemangi dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti gangguan pada vagina, nyeri payudara, menyembuhka diare hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.
Kemudian penelitian oleh Center for New Crops And Plant Products dari Universitas Purdue Di AS membuktikan bahwa daun kemangi juga bisa mengatasi penyakit seperti sembelit, ginjal, flu, sakit kepala, diare, hingga cacingan.
Penelitian tersebut juga menghasilkan bahwa daun kemangi memiliki manfaat untuk mengatasi maag, badan lesu, perut kembung, kejang2 hingga masuk angin. Aroma dari daun kemangi sangat khas, sehingga bisa juga digunakan sebagai obat nyamuk.
Daun kemangi juga sering disuling, hal itu disebabkan karena daun kemangi mengandung minyak atsiri golongan tinggi dan akan hilang dalam 24 jam bila dioleskan pada tubuh. Daun kemangi juga bisa meringankan rasa sakit dan membuat tubuh kita menjadi lebih segar, sehingga sangat baik sebagai minyak pijat aroma. Namun, jika Anda adalah Ibu hamil jangan menggunakan minyak ini karena dapat menyebabkan resiko keguguran.
Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung. Daun kemangi ini juga mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat mempermudah ereksi, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar