Jumat, 02 Maret 2012

Manfaat Minum Teh Hijau

Manfaat Minum Teh Hijau

Firmanharjuanjaya.com - Manfaat Minum Teh Hijau - Media Informasi selanjutnya mengenai Manfaat Minum Teh Hijau. Simak ulasannya lebih lanjut.
Apakah ada makanan atau minuman lain yang memiliki manfaat kesehatan sebanyak teh hijau? Orang Cina telah mengetahui tentang manfaat teh hijausebagai obat sejak zaman kuno, menggunakannya untuk mengobati sakit kepala sampai depresi. Manfaat teh hijau telah digunakan sebagai obat di Cina selama setidaknya 4.000 tahun yang lalu.
Saat ini, penelitian ilmiah di Asia dan barat mengenai manfaat teh hijau memberikan bukti kuat untuk manfaat kesehatan yang berhubungan dengan meminum teh hijau. Sebagai contoh, pada tahun 1994 Journal of National Cancer Institute menerbitkan hasil studi epidemiologi menunjukkan bahwa minum teh hijau mengurangi risiko kanker esofagus pada laki-laki dan perempuan di Cina hampir enam puluh persen. Peneliti dari Universitas Purdue baru-baru ini menyimpulkan bahwa senyawa dalam teh hijau menghambat pertumbuhan sel kanker. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat teh hijau menurunkan kadar kolesterol total, serta meningkatkan rasio baik (HDL) kolesterol jahat (LDL) kolesterol.

Singkatnya manfaat teh hijau dapat membantu penyembuhan:

kanker
rheumatoid arthritis
kadar kolesterol tinggi
cariovascular penyakit
infeksi
gangguan fungsi kekebalan tubuh
Apa yang membuat manfaat teh hijau begitu istimewa?
Rahasia teh hijau terletak pada kaya akan polifenol catechin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG adalah anti oksidan yang sangat kua, selain menghambat pertumbuhan sel kanker juga membunuh sel kanker tanpa merusak jaringan sehat.  Juga sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL, dan menghambat pembentukan bekuan darah abnormal.
Mengapa tidak semua teh Cina lainnya memiliki persamaan manfaat kesehatan seperti manfaat teh hijau?  teh oolong dan teh hitam semuanya berasal dari daun Camellia sinensis. Apa yang membuat teh hijau berbeda adalah bagaimana cara memrosesnya. Daun teh hijau dikukus, yang mencegah senyawa EGCG  teroksidasi. Sebaliknya, daun teh hitam dan teh oolong yang dibuat dari daun difermentasi, yang menghasilkan EGCG yang dikonversi menjadi senyawa lain yang tidak hampir sama efektif dalam mencegah dan memerangi berbagai penyakit.
Manfaat lain teh hijau
Bukti baru yang sudah ada bahwa teh hijau dapat membantu diet dan menurunkan berat badan. Pada bulan November, 1999, American Journal of Clinical Nutrition menerbitkan hasil penelitian di Universitas Jenewa di Swiss. Para peneliti menemukan bahwa pria yang diberi kombinasi ekstrak teh hijau bisa membakar lebih banyak kalori daripada yang diberikan hanya kafein saja.
Efek Berbahaya teh hijau?
Untuk saat ini, efek samping yang di ketahui saat minum teh hijau adalah insomnia karena fakta bahwa  teh hijau ini mengandung kafein. Namun, teh hijau mengandung lebih sedikit kafein daripada kopi:  sekitar 30-60 mg kafein dalam 6-8 ons teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar