Minggu, 04 Maret 2012

Manfaat Jus Wortel

Manfaat Jus Wortel

Firmanharjuanjaya.com - Manfaat Jus Wortel - Media Informasi selanjutnya mengenai Manfaat Jus Wortel. Simak ulasannya lebih lanjut.
Siapa yang tak kenal dengan wortel. Buah yang juga digolongkan ke dalam sayur-sayuran ini populer di masyarakat dan sudah sering dikonsumsi. Orang sudah banyak yang menggunakan wortel sebagai bahan minuman, contohnya jus wortel. Mungkin ada beberapa orang yang tidak terlalu menyukai minuman jenis ini.
Wortel biasanya dimasak, dicampur dengan sayuran lain, seperti sop atau tumis sayur. Saat ini, wortel tak hanya dibuat sebagai bahan masakan. Wortel merupakan sayuran yang mempunyai banyak manfaat di bidang kesehatan. Selama ini wortel dikenal sebagai sayuran yang bisa juga jadikan jus. Jus wortel memiliki banyak manfaat bagi kita untuk usia yang masih dini. Wortel mengandung minyak  esensial yang sangat berharga. Minyak esensial wortel diekstrak dari Daucus carota dari keluarga Apiaceae dan juga dikenal sebagai wortel liar. Minyak esensial ini mempunyai aroma agak manis, dan konsistensi, cairan terlihat mengkilap dan minyak esensial wortel ini berwarna kuning atau kuning pucat.
Kandungan Jus Wortel
Manfaat kesehatan dari jus wortel dapat dikaitkan dengan nutrisi yang terkandung di dalam wortel seperti vitamin A,vitamin E, beta karoten, fiber, asam amino, zat besi dan minyak esensial yang terkandung di dalam wortel mampu bersifat sebagi anti septik, desinfektan, anti oksidan, anti karsinogenik, karminatif, depurative, diuretikstimulan, cytophylactic dan vermifuge. Minyak esensial wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Manfaat Jus Wortel
Minuman yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat. Bila Anda termasuk orang yang tidak menyukai jus wortel, coba perhatikan dulu sederet manfaatnya berikut ini. Siapa tahu Anda akan berubah pikiran untuk menjadikan jus wortel sebagai minuman favorit.
  • Jus wortel kaya akan vitamin A, vitamin yang berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Meminum jus wortel secara rutin bisa mengurangi resiko gangguan penglihatan dan mampu menyembuhkan rabun mata yang masih dalam tahap rendah.
  • Vitamin B yang terkandung dalam jus wortel berguna untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh, sehingga kinerja tubuh bisa berlangsung dengan lancar dan baik.
  • Manfaat jus wortel yang lain adalah untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Bila kekebalan tubuh meningkat, maka penyakit pun enggan datang. Bagi Anda yang mudah terserang flu atau sariawan, meminum jus wortel secara rutin sangat dianjurkan.
  • Bukan hanya melalui masker, perawatan kulit juga bisa dilakukan dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi jus wortel yang kaya akan vitamin E. Kulit akan tampak segar, proses keriput akan melambat, bebas dari jerawat dan juga terhindar dari kulit kering.
  • Zat besi yang banyak terkandung dalam jus wortel bisa memperlancar proses pembentukan hemoglobin dalam darah. Bila Anda termasuk penderita anemia atau kurang darah, Anda bisa merasakan manfaat jus wortel yang satu ini.
  • Mengurangi resiko osteoporosis atau tulang keropos, gangguan tulang yang satu ini bisa kita hambat dengan meminum jus wortel yang kaya akan kalsium dan fosfor.
  • Bagi penderita hipertensi, disarankan untuk rutin meminum jus wortel. Minuman yang satu ini memang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Jus wortel yang dicampur dengan air hangat, bisa menurunkan demam pada anak dan menyembuhkan penyakit batuk.
  • Problem wanita saat datang bulan adalah nyeri perut yang sangat mengganggu. Rasa sakit ini bisa dikurangi dengan cara meminum jus wortel secara rutin.
  • Jus wortel kaya akan anti oksidan, yaitu beta karoten. Zat ini mampu melawan radikal bebas dari dalam tubuh, sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit seperti kanker dan tumor.
  • Manfaat jus wortel yang lain adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga resiko terkena stroke akan berkurang.
Sangat banyak manfaat jus wortel yang bisa kita dapatkan. Hanya dengan meminum jus wortel secara rutin dan teratur, kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Minuman yang sangat mudah dibuat ini bisa menghindarkan kita dari penyakit, dan tubuh kita akan selalu sehat tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar