Minggu, 04 Maret 2012

Manfaat Jus Sirsak

Manfaat Jus Sirsak

Firmanharjuanjaya.com - Manfaat Jus Sirsak - Media Informasi selanjutnya mengenai Manfaat Jus Sirsak. Simak ulasannya lebih lanjut.
Buah sirsak (Annona muricata) sangat populer karna rasanya manis keasaman. Konon, nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu Zuurzak artinya kantung yang asam.Tumbuhan ini berbatang kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan permukaan kulitnya berwarna hijau tua.
Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, tetapi paling baik ditanam di tanah yang cukup air. Di Indonesia tumbuh paling baik pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di alas permukaan taut.
Buah siisak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Sirsak dikenal mengandung air dan memiliki kandungan gizi yang banyak yaitu karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak yaitu glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Sirsak sedikit mengandung lemak hanya (0,3/100 g), sedangkan rasa asam sirsak berasal dari asam organik nonvolatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.
Sirsak memiliki vitamin C sebesar 20-100 mg. Sedangkan mineral yaitu fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting sebagai pembentuk massa tulang yang dapat menghambat osteoporosis. Sedangkan keunggulan lainnya yaitu mengandung sodium (natrium) rendah (14 mg/100 9) tetapi tinggi potasium (kalium) yaitu 278 mg/100 gram.
Perbandingan ini menguntungkan sebagai pencegah penyakit hipertensi. Kemudian sirsak kaya serat pangan (dietary fiber) yaitu 3,3 g/100 gram daging buah. Dianjurkan, mengonsumsi 100 gram daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Bahkan sari jus sirsak akan meningkatkan selera makan.
Sirsak berkhasiat:
- pengobatan batu empedu
- antisembelit
- pencegah asam urat
- meningkatkan nafsu makan
- meningkatkan daya tahan tubuh
- memperlambat proses penuaan
- memperlancar pencernaan
- pengobatan pinggang pegal dan nyeri
- mencegah penyakit kandung air seni dan wash menurunkan hipertensi
- mencegah osteoporosis
Pustaka
Sehat dengan makanan berkhasiat Oleh Irwan Suhanda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar