Minggu, 04 Maret 2012

Manfaat Bengkoang

Manfaat Bengkoang

Firmanharjuanjaya.com - Manfaat Bengkoang - Media Informasi selanjutnya mengenai Manfaat Bengkoang. Simak ulasannya lebih lanjut.
Bengkoang (bengkuang) merupakan buah yang banyak dimanfaatkan orang untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Disamping itu bengkuang juga dapat dikonsumsi atau untuk campuran rujak. Bengkuang mempunyai banyak manfaat apabila kita rajin mengkonsumsinya.
Dalam bahasa latin bengkuang disebut Pachyrhizuserosus, tanaman ini dapat hingga 5 meter dengan menjalar. Umbinya terdapat kandungan gula, fosfor, pati dan kalsium. Selain itu umbi ini mempunyai efek pendingin karena terdapat kadar air 86-90%. Oligosakorida atau yang di sebut inulin merupakan sumber dari rasa manis dalam buah ini.
Manfaat bengkoang salah satunya mengandung inulin yang telah banyak dimanfaatkan sebagai pengganti gula serta penurun kalori makanan misalnya es krim, produk susu dan roti. Inulin tidak bisa dicerna enzim di usus manusia, sehingga melewati mulut dan usus tanpa metabolisme terlebih dahulu. Ketika di usus besar barulah insulin mengalami fermentasi dari mikroflora usus mengakibatkan asam lemak dan laktat. Sifat yang tidak tercerna ini inulin sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes. Inulin merupakan sebagai serat makanan, sifat tersebut berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah.
Inulin mempengaruhi fungsi usus dan meningkatkan frekuensi defekasi terutama pada penderita konstipasi. Memperbaiki parameter lemak dalam darah, yakni penurunan kadar triliserida serum serta kolesterol darah pada penderita hypercholerolemia.
Bengkuang jaga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dengan cara diolah menjadi masker. Berikut mereupakan cara mengolah buah bengkuang menjadi masker pada wajah :
Parutlah bengkuang secara halus sampai banyak. Gunakan parutan dengan cara mengoleskan ke bagian wajah/yang bernoda atau bisa juga dijadikan bahan campuran pada scrub. Usapkan perlahan dan diamkan 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih, wajah terlihat bersih dan cerah. Cara tersebut juga berguna menjaga kelembaban kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar