Jumat, 02 Maret 2012

Macam Macam Penyakit Ginjal

Macam Macam Penyakit Ginjal

Firmanharjuanjaya.com - Macam Macam Penyakit Ginjal - Media Informasi selanjutnya mengenai Macam Macam Penyakit Ginjal. Simak ulasannya lebih lanjut.
Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat fital. Fungsi utamanya adalah membuang zat-zat yang tidak berguna dan yang beracun dari dalam tubuh kita melalui air seni. Setiap harinya ginjal bekerja menyaring dan membersihkan sekitar 1.700 liter darah dan menghasilkan sekitar 1,5 liter urine. Fungsi ginjal lainnya adalah menjaga keseimbangan garam, asam basa, kandungan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah di sumsum tulang, mengubah provitamin D pada kulit menjadi vitamin D aktif, dan sebagai tempat perombakan berbagai hormon, seperti insulin yang berfungsi mengatur metabolisme karbohidrat dan glukagon untuk penguraian glikogen.
Penyakit-penyakit yang dapat mengenai ginjal diantaranya adalah infeksi karena batu ginjal, radang ginjal, penyakit imunologi, keracunan (obat atau logam), asam urat, dan kanker. Gejala yang timbul bila ginjal terganggu adalah volume kencing per hari meningkat melebihi 2.500 ml atau menurun kurang dari 500 ml, saat kencing tersa sakit, kencing mengandung nanah, mual, perut kembung, sakit pinggang, dan lain-lain.
Indikasi terbentuknya batu ginjal adalah ditandai dengan meningkatnya berbagai jenis garam dalam urine. Endapan-endapan garam di ginjal ini akan membentuk batu yang semakin lama semakin membesar. Penderita batu ginjal biasanya tidak mengalami keluhan atau gejala lain. Rasa nyeri di daerah pinggang timbul bila batu bergeser dari piala ginjal ke bawah. Rasa nyeri tersebut disebabkan perenggangan dinding, bahkan penyumbatan saluran yang menghubungkan saluran piala ginjal dan kandung kemih. Rasa nyeri berpindah dan merambat ke daerah pangkal paha bila batu mencapai bagian bawah saluran ureter dan biasanya disertai keluarnya darah bersama air seni.
Bagi orang pengidap batu ginjal, dianjurkan minum air putih sekitar 3 liter per hari dan menjaga pola makan. Dengan cara ini, garam-garam dalam urine tidak dapat mencapai taraf yang memungkinkan terjadinya endapan, sedangkan reaksi kimia dari urine dipengaruhi oleh makanan sehari-hari.
Penyakit infeksi ginjal terjadi karena adanya kuman dalam air seni. Kuman tersebut dari luka pada dinding saluran ginjal dan kandung kemih karena adanya pergeseran batu ginjal. Gejalanya adalah sakit kepala, lemah, mual, menggigil, muntah, demam, dan nyeri pada pinggang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai infeksi ini, dapat dilakukan pemeriksaan darah atau air seni di laboratorium.
Radang ginjal disebabkan oleh peradangan dan kerusakan alat penyaring darah serta kapiler ginjal. Akibat gangguan pada alat penyaring darah, sel darah dan zat putih telur keluar dan masuk ke dalam air seni, sehingga pada penderita radang ginjal juga sering ditemukan banyak sel darah putih dalam air seninya. Gejala radang ginjal akut adalah lemah, lelah, mual, kurang nafsu makan, muntah, volume air seni menurun, dan air seni mengandung sel darah serta protein. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat mengakibatkan kegagalan fungsi ginjal. Penderita ginjal kronis tidak menunjukkan gejala, tetapi secara perlahan-lahan penyakit tersebut menggerogoti ginjal.
Semua jenis penyakit ginjal merupakan penyakit yang serius. Oleh karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar