Minggu, 04 Maret 2012

Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Firmanharjuanjaya.com - Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat - Media Informasi selanjutnya mengenai Cara Menaikkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat. Simak ulasannya lebih lanjut.
“Kerempeng, mana kereennnn .......”. Tanya aja sama orang yang kurus, inginkah mereka mempunyai tubuh dengan berat yang ideal? Sebagian besar akan menjawab “ya”. Siapa sih yang ga mau punya tubuh seperti Primus misalnya.
Ada beragam cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Dari yang instan sampai yang butuh kesabaran dan pengorbanan.
Instan?! Wow, ini yang kereen ... dalam waktu singkat (mungkin satu minggu), biaya murah, berat badan dah nambah sekian kilogram. Inilah alasan mengapa banyak orang memilih cara instan : mengkonsumsi deksametason dan siproheptadin.
Kedua obat ini mestinya dibeli dengan resep dokter, tapi saya jamin anda bisa membelinya di toko obat atau apotik satu dus tanpa resep apapun (maklum peraturan di negeri kita hanya disimpan di laci doank, aplikasinya hanya ditegakkan beberapa bulan setelah peraturan ditandatangani. Maaf bagi yang tersindir).
Deksametason (golongan kortikosteroid) menyebabkan tertimbunnya cairan di dalam tubuh, terutama di wajah dan pundak. Pipi akan terlihat lebih tembem dan agak bulat (bahasa sananya, moon face). Timbunan cairan yang cukup banyak ini tentunya berperan menaikkan berat badan anda.
Siprohepatadin, selain mempunyai efek utama menghambat reseptor histamin (antihistamin) juga mempunyai efek samping sebagai antiserotonin. Efek yang terakhir ini menyebabkan meningkatnya nafsu makan. Jadi jangan heran, selama minum obat ini bawaannya mau makan melulu. Makan yang banyak tanpa diimbangi dengan pembakaran (olahraga) akan meningkatkan penimbunan lemak di bawah kulit termasuk di bawah kulit perut. Seperti halnya cairan, lemak yang tertimbun juga berperan menaikkan berat badan.
Itu untungnya. Ruginya?! Bejibun.
Sebenarnya tubuh dalam keadaan normal memproduksi kortikosteroid alami dalam jumlah yang cukup. Fungsinya, untuk membantu metabolisme tubuh dan melawan stress. Konsumsi obat kortikosteroid dari luar tubuh dalam waktu yang lama akan direspon oleh tubuh dengan menghentikan produksi kortikosteroid alami. Jika sewaktu-waktu konsumsi obat kortikosteroid dihentikan, tubuh akan segera kekurangan kortikosteroid (tubuh kita perlu waktu untuk memproduksi kortikosteroid alami). Akibatnya, metabolisme tubuh akan kacau balau (rebound phenomenon). Bahkan pada beberapa kasus dapat berakhir dengan kematian. Jalan keluarnya, menghentikan penggunaan obat ini secara berangsur-angsur (tappering off).
Kortikosteroid juga mengakibatkan osteoporosis, peningkatan tekanan darah, peningkatan gula darah, menekan imunitas tubuh, dll. Pada anak yang sedang tumbuh, kortikosteroid dapat mengakibatkan terhentinya pertumbuhan tulang.
Siproheptadin sebenarnya adalah obat alergi, digunakan untuk pilek karena alergi atau gatal-gatal karena alergi. Efek sampingnya, selain merangsang nafsu makan, juga menimbulkan kantuk, lelah, kadang pingsan dan sesak napas, dll.
Ternyata cara instan ini sangat tidak sehat alias berbahaya dan hasilnya pun adalah berat badan ideal palsu. Keuntungan tidak sepadan dengan kerugian yang akan ditanggung. Saya sarankan jangan tempuh cara ini jika tidak ingin menuai “badai” di kemudian hari.
yang aman itu...
Masalah berat badan yang kurang sebenarnya berhubungan dengan beberapa hal, antara lain kesehatan umum, asupan gizi, istirahat cukup, olahraga, dan keseimbangan hormon.
Jika ingin menambah berat badan, maka sebaiknya yang ditambah adalah otot dan bukan lemak. Otot dibentuk dengan olahraga dan protein yang cukup. Yang penting lagi adalah hormon harus dalam jumlah optimal. Seperti Human Growth Hormone, testosterone, dan lain-lain. Untuk itu perlu diperiksa dan berkonsultasi dengan dokter.
Aturlah agar istirahat malam cukup sampai 8 jam, jangan sampai kurang tidur. Jumlah kalori yang masuk melalui makanan harus lebih banyak daripada jumlah energi yang dipakai beraktivitas. Jadi harus lebih banyak makan makanan yang mengandung kalori. Saran saya berupa protein, yaitu daging, ikan , telur, serta karbohidrat sebagai sumber tenaga berupa nasi merah, dan lain-lain.
Vitamin berupa multivitamin atau bermacam-macam vitamin dan mineral, serta yang mengandung zat besi. Multivitamin dapat meningkatkan kesehatan secara umum dan menambah selera makan. Kalau bisa olahraga ditambah dengan mengangkat beban, beli dumbel yang beratnya 5 kg untuk latihan menambah massa otot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar